Senin, 01 April 2013

SKENARIO PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN PENYELIDIKAN BERKELOMPOK (GROUP INVESTIGATION)


Mata Pelajaran : Fisika
Satuan pendidikan      : Sekolam Menengah Atas(SMA)
Kalas/Semester            : X/1(ganjil)
Waktu                         : 2 jam pelajaran
Kompetensi Dasar       : Menganalisis cara perpindahan kalor

Skenario Pembelajaran
1.      Kelas dibagi menjadi enam kelompok, setiap kelompoknya terdiri dari dua sampai enam siswa.
2.      Setiap kelompok menempati dua meja yang sudah digabungkan yang diatasnya terdapat:
      Meja 1&4: lilin, korek api, batang logam dengan jenis  yang berbeda-beda, sarung tangan, termometer,    dan stopwatch
Meja 2&5: kompor kecil, gelas ukur dengan luas permukaan yang berbeda-beda, air, korek api, stopwatch, dan termometer
Meja 3&6: lampu belajar dengan warna bohlam(lampu) yang berbeda-beda, termometer, dan stopwatch
3.      Guru mempresentasikan masalah umum mengenai perpindahan kalor dan memberikan penjelasan mengenai alat-alat yang telah disediakan
4.      Setiap kelompok bebas memilih meja dan alat yang telah disediakan disetiap meja
5.      Setiap kelompok mendiskusikan dan memformulasikan masalah yang berkaitan tentang alat-alat yang ada dihadapan mereka dan menentukan prosedur yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut
6.      Waktu untuk diskusi kelompok adalah 10 menit
7.      Setiap kelompok menentukan masing-masing peran dari anggotanya.
8.      Setiap kelompok melakukan penelitian/penyelidikan berdasarkan prosedur yang telah dibuat sebelumnya. Waktu yang disediakan untuk melakukan penelitian adalah 35 menit
9.      Setelah penelitian selesai, sitiap kelompok menganalisis dan membuat laporan dari hasil penelitian yang telah mereka lakukan. Untuk pembuatan laporan setiap kelompok diberikan waktu 10 menit.
10.  Setiap kelompok menyajikan hasil laporan yang telah mereka buat dan membandingkan dengan kelompok lain yang melakukan penelitian yang sama. Waktu untuk penyampaian laporan untuk semua kelompok adalah 40 menit
11. Sebagai kegiatan akhir, guru dan siswa melakukan evaluasi mengenai kotribusi tiap kelompok terhadap pekerjaan kelas sebagai suatu keseluruhan. Evaluasi mencakup kontribusi tiap siswa secara individu atau kelompok bahkan kedua-duanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.